Selasa, 11 Juli 2017

Sebagai Wanita Yang Kuliah di Teknik Perminyakan

Assalamualaikum wr wb...

Setiap orang pasti pernah ngalamin yang namanya Galau Milih Jurusan, Takut Salah Ambil Jurusan, dan selalu kepo di google tentang jurusan terbaik lah, jurusan gaji tertinggi lah, dan lain-lain. Pada dasarnya semua jurusan itu bagus, dan buat kerja ditempat yang kalian impikan pun ga selalu dari jurusan yang sebidang.

Dulu awalnya pengen banget kerja di Bank atau dikantoran banget, makanya SNMPTN, SBMPTN milih jurusan Ekonomi dan Administrasi Negara hahaha tapi juga belum ngerasa yakin dan belum 99% sregg, dan ternyata memang bukan disitu jalanya. Ohiya sebenernya aku dari SMK jurusan Teknologi Informasi yang berfokus di Multimedia. Labil yekan ga mau nerusin jurusan yang udah ditekuni 3 tahun lamanya.

Jadi awal cerita kenapa akhirnya masuk di Teknik Perminyakan itu karena seseorang yang berhasil ngeprospek aku waktu itu, dia kebetulan anak SMK jurusan Geologi Pertambangan yang saat itu lagi magang di perusahaan besar yg berasal dr Amerika Serikat yaitu Hallibuton, ini adalah perusahaan Oil and Gas yang bergerak dalam oil service company.

Setelah itu cari tau tentang teknik perminyakan, dan kampus dengan jurusan perminyakan yang bagus selain ITB katanya sih UPN Veteran Yogyakarta. Bisa dibilang 3 jurusan terbaik di UPN Veteran Yogyakarta itu ada di Fakultas Teknologi Mineral (FTM) yaitu Teknik Geologi, Teknik Perminyakan, dan Teknik Pertambangan, dan ada juga Teknik Lingkungan dan Teknik Geofisika.

Banyak saingan buat masuk di 3 jurusan teratas itu, ga berani mimpi juga sih buat bisa masuk di teknik perminyakan waktu itu, karena terkenal susah masuknya dan susah keluarnya WKWKWK. Jadi test masuk UPN pertama kali pilihan pertama milih teknik perminyakan dan pilihan kedua teknik kimia, dan lolosnya di kimia. Udah tuh udah terima aja, wong ga berani mimpi tinggi2 waktu itu HAHA lagian teknik kimia udah bagus...

Setelah beberapa hari nasehat dari temen dan sodara makin menjurus ke perminyakan, disuruh coba daftar lagi, awalnya ga mau soalnya serem amatlah buat masuk di perminyakan aja pada ikut test berkali-kali, ada 3 kali, 5kali  dan bahkan lebih pun belum tentu lolos (saat itu UPN masih swasta jadi masih ada test masuk disetiap minggunya).

Aku pun memberanikan diri buat ikut daftar lagi ke perminyakan *sampai batalin agenda liburan yang udah beli tiket* dah tu ikut test, nunggu pengumumanya kerasa lama banget ga kaya biasanya dan sempet hopeless dan inget banget itu sore-sore buka web UPN, ngeliat pengumuman daaaan Selamat Anda LOLOS di Teknik Perminyakan, wah senangnya sore yang cerah itu hehe. Eits tapi itu baru seleksi tahap 1, buat di jurusan teknik UPN harus ikut seleksi tahap 2 yaitu wawancara, dan tahap ini yang menurutku paling keliatan muka paniknya karena bakal disaring lagi. Entah siapa aja yang wawancarain aku waktu itu pokoknya aku duduk dihadapan 4 orang dosen dan petinggi UPN dengan dicecer pertanyaan huhuhu...tapi Alhamdulillah rezeki ku buat belajar di perminyakan terwujud setelah pengumuman tahap akhir.

Setelah masuk teknik perminyakan...
semester 1 masih ada yang mirip makul disekolah dulu sih, semester 2 mulai belajar basic nya  geologi yang orang minyak harus tau kayak geologi dasar, prinsip stratigrafi batuan dll, dan setelah masuk semester berikutnya mulai belajar Teknik Pemboran Migas 1&2 , Teknik Reservoir, Teknik Produksi Migas 1&2, Teknik Reservoir Panas Bumi, Teknik Produksi Panas Bumi, Mekanika Fluida, Kimia Fisika Hidrokarbon *kebayang ga tiga kata itu jadi satu makul* , Eksploitasi Migas Pabum, Well Test, Penilaian Formasi, Evaluasi Logging Sumur, Simulasi Reservoir, dan masih banyak lain-lainnya...pokoknya kalau mau masuk perminyakan tuh ga bakal lepas dari matematika 1 dan 2, kimia 1 dan 2 , fisika 1,2,3 HAHAHA ntap poll yaa 3 semester awal selalu ada matkimfis hehehe
Ohiya selain makul itu juga ada 12 praktikum di perminyakan, alhamdulillah semester 6 baru jadi sarjana praktikum hahaha. Kuliah lapangan ada 2 kali yaitu Kuliah Lapangan Geologi Cepu, dan Kuliah Lapangan Migas Pabum.

Yang membedakan jurusan ini dengan jurusan lain di UPN adalah kami wajib Kerja Praktek di perusahaan dan komprehensif kami dilakukan dengan distribusi - dapet dosen pembimbing - proposal - bimbingan - ngedraft bab 1 sampe bab kesimpulan umum- sidang komprehensif. Sehingga...cukup membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama untuk bisa masuk ke tahap Skripsi  hehehe...tapi gapapa...semua itu tujuanya untuk belajar :) *sok tegar*

Dan selama diperminyakan belum begitu kerasa banget sih susahnya jadi cewek, krna praktikum di laboratorium selalu, dan ke lapangan pun waktu KL itu aja yang cukup berat tapi Alhamdulillah semua lancar, paling kerasa pas jalan jauh dan panas2 aja. TAPI jaman maba dan kuliah lapangan ITU BERHARGA, jadi kenangan banget buat bareng temen-temen seangkatan minyak hihi jadi kangen masa itu, sekarang kami udah mulai selesai kerja praktek, fokus nyusun komprehensif dan menjabat dipengurusan Himpunan. Semoga urusan kita diberi kemudahan yaa teman-teman..Amiin

Jadi ga perlu takut atau gimana gimana kalau kalian wanita tapi pengen masuk perminyakan..

Wassalamualaikum wr.wb...







6 komentar:

  1. kak kalo ga pinter matematika, kimia, fisika, gimana?🤣

    BalasHapus
  2. Kak, klo ambil sn apa teknik perminyakan itu harus dijadikan pilihan 1? Apa yang pilihan 2 bisa berpeluang diterima kak?

    BalasHapus
  3. Iyaa kak kalau kurang jago matematika fisika sama kimia kayak gimana kak?

    BalasHapus
  4. kak kalo aku mau masuk smk migas ya semoga aja ketrima,masuknya ke teknik apa ya kak biasanya kalau cewek

    BalasHapus
  5. Akhirnya ada juga yang hisa jawab pertanyaan ku ini, aku pengen banget masuk jurusan teknik perminyakan tapi takut perempuan tuh ngak bisa lulus perminyakan gitu

    BalasHapus